Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik yang berkarakter dan berdaya saing di tingkat nasional tahun 2030 dengan mengacu pada keunggulan lokal lahan basah

Terdapat 3 (tiga) kata kunci dalam rumusan visi Program Studi Pendidikan IPS, antara lain:

  1. Berkarakter memiliki maksud yaitu civitas akademika dan lulusan program studi memiliki karakter ilmiah, mengacu pada ketelitian, kejujuran akdemik, dan tanggung jawab.
  2. Berdaya saing memiliki maksud yaitu kemampuan program studi dalam berkompetisi khususnya di ranah nasional tahun 2030 baik di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta lulusan.
  3. Lahan basah diartikan sebagai pernyataan wilayah atau lahan yang sebagian atau seluruhnya kadang digenangi oleh lapisan air dangkal. Hubungannya dengan Pendidikan IPS yaitu kajian keilmuan sosial yang dilakukan berdasar pada budaya dan aktivitas sosial masyarakat yang terjadi di lahan tersebut. Pelaksanaan tridharma program studi beracuan atau berwawasan pada keunggulan lahan basah. Salah satu upaya program studi untuk menguatkan wawasan keunggulan lokal lahan basah yang berkaitan tridharma, antara lain (a) bidang pendidikan dan pengajaran, program studi mencantumkan mata kuliah yang bercirikan lahan basah seperti Sejarah Banjar, Kehidupan Masyarakat Sungai, serta Masyarakat dan Kebudayaan Banjar, (b) bidang penelitian, program studi menganjurkan kepada para dosen untuk melakukan penelitian bertema lahan basah seperti “Kearifan Lokal dalam Usaha Non Pertanian oleh Petani di Lahan Basah Pada Musim Kemarau dan Musim Hujan di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan” dan “Kehidupan Sosial Santri di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS”, (c) bidang pengabdian kepada masyarakat, program studi juga menganjurkan kepada dosen untuk melakukan pengabdian bertemakan keunggulan lokal terutama lahan basah seperti “Pelatihan Pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Guntung Payung dan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPS dengan menonjolkan pola pembinaan karakter ilmiah dan wawasan keunggulan lokal lahan basah sebagai pengembangan kompetensi bidang IPS.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan pendidikan IPS yang mengacu pada keunggulan lokal lahan basah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bidang pendidikan IPS yang berorientasi pada kearifan lokal lahan basah.
  4. Melakukan kerjasama dalam dan luar negeri untuk mengembangkan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik IPS yang berkarakter ilmiah dan memiliki wawasan keunggulan lokal lahan basah.
  2. Menghasilkan produk pembelajaran yang dapat memperkenalkan potensi lokal ke tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan penelitian bidang Pendidikan IPS yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.
  4. Menghasilkan publikasi ilmiah pada tingkat lokal, nasional maupun internasional sebagai tindak lanjut hasil penelitian.
  5. Terwujudnya program pengabdian sebagai tindak lanjut hasil penelitian bidang Pendidikan IPS dengan mengacu pada kearifan lokal lahan basah Kalimantan.
  6. Peningkatan dan perluasan jaringan kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka pengembangan tridharma perguruan tinggi

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM disusun mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) program studi dalam rentang waktu  (2015-2019) dengan capaian jangka panjang periode 2015-2029. Sasaran dan strategi pencapaian digambarkan berdasarkan periode capaian jangka panjang sebagaimana berikut: