“The Importance Social Skills For 21th Century”

Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah.  seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah yang sebelumnya telah di persiapkan. Dalam seminar biasanya pembahasan berpangkal pada makalah dan tema  yang sudah di siapkan dan disusun sebelumnya oleh para pembicara, dan tema pembahasan  harus sesuai dengan permintaan panitia penyelanggara.

Inti dari pembahasan yang telah di tentukan sebelumnya akan dibahas oleh pembicara seminar secara teoritis dan jika masalah yang dibahas terlalu luas, maka biasanya akan dibagi menjadi beberapa sub pokok pembahasan. Tujuan dari seminar adalah untuk menyampaikan suatu gagasan ataupun sesuatu yang baru kepada para peserta seminar dan berharap para peserta dapat memperoleh ilmu dan nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah. Seminar biasanya di laksanakan secara nasional dan internasional.

Progam Studi Pendidikan IPS menyelenggarakan seminar yang berbasis nasional pada bulan November 2016. Seminar Pendidikan IPS mengusung tema “The Importance Social Skills For 21th Century” dalam seminar ini diisi oleh pemateri, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, M.A, Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd, dan Prof. Wahyu, M.S dan dipimpin oleh moderator Dr. Syaharuddin, M.A. Dalam seminar ini  pemateri membahas bagaimana pentingnya keahlian, kemampuan yang harus dimiliki setiap individu untuk menghadapi tantangan di abad 21 ini. Seminar Nasional Pendidikan IPS dihadiri berbagai mahasiswa berasal dari berbagai jurusan karna seminar ini dibuka untuk umum.