Profil Lulus dan dan Rumusan Kompetensi

Profil lulusan dan perumusan kompetensi lulusan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Jenjang strata 1 masuk pada jenjang kualifikasi 6 (level 6);

Deskripsi Umum

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. 
6
  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.  

Sebagaimana SK KEPMENDIKNAS No. 045/U/2002, lulusan diharapkan memenuhi 5 elemen kompetensi yaitu

  1. Landasan kepribadian
  2. Penguasaan ilmu dan keterampilan
  3. Kemampuan berkarya
  4. Sikap dan perilaku berkarya
  5. Pemahaman kehidupan bermasyarakat

Berdasarkan penjabaran kelima kompetensi tersebut maka setelah selesai mengikuti program ini diharapkan lulusan sarjana Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat dapat:

  1. Memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi etika profesi, bermoral dan budi pekerti yang luhur serta melalui ilmu yang dimilikinya ikut berperan aktif dalam upaya perdamaian dunia.
  2. Mempunyai kemampuan pedagogik yang meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran pendidikan IPS pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. Mempunyai kemampuan akademik atau profesional yang meliputi kemampuan mengembangkan model pembelajaran pendidikan IPS yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran pendidikan IPS serta menerapkannya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  4. Mempunyai kemampuan bahasa Inggris (EPT 450) dan komputer (sertifikasi Office) yang memadai agar dapat diterapkan di sekolah.
  5. Mempunyai kemampuan kepribadian dan sosial, motivasi yang tinggi untuk mengembangkan diri.