Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Progam Studi Pendidikan IPS

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Progam Studi Pendidikan IPS


PKTI merupakan singkatan dari Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini diadakan untuk mahasiswa  sebagai pengenalan terhadap karya tulis. Kegiatan ini dilaksanakan oleh semua jurusan yang di FKIP ULM, tak terkecuali Progam Studi Pendidikan IPS. Kegiatan ini dilaksanakan oleh HIMA PIPS pada hari Sabtu 31 Oktober 2015. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Akbrasisasi dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan IPS FKIP ULM”.

Tujuan diadakannya acara ini adalah agar mahasiswa memiliki bekal dan pengetahuan mengenai karya tulis dan diharapkan nantinya bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah atau dengan kata lain karyanya tersebut dapat ditampilkan dalam ajang-ajang/kompetisi penulisan karya tulis ilmiah. Antusias dari mahasiswa Pendidikan IPS untuk mengikuti pelatihan ini bisa dibilang cukup besar. Ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti acara ini. Kesulitan paling mendasar dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah ialah bagaimana menciptakan sebuah ide. Bagi sebagian mahasiswa ternyata menciptakan ide tentang karya tulis ilmiah adalah masalah yang cukup sulit. Selain itu, menuangkan atau menulis sebuah ide menjadi sebuah tulisan ternyata juga merupakan hal yang tidak mudah.

Dalam PKTI ini kami, semua mahasiswa pendidikan IPS mendapatkan materi-materi yang penting mengenai karya tulis ilmiah. Mulai dari cara menumbuhkan ide, proses dan sistematika penulisan karya tulis sampai bagaimana cara menyampaikan sebuah karya tulis melalui presentasi. Pemateri-pematerinya pun adalah orang-orang yang hebat dan ahli di bidangnya seperti Pak Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd, Pak Syaharuddin, M.A, ibu Mutiani M.Pd, Ibu Melly Agustina Permatasari, M.Pd. Dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan mahasiwa Pendidikan IPS bisa aktif dalam menulis karya tulis sehingga bisa berpartisipasi di kompetisi karya tulis seperti Program Kreativitas Mahasiswa(PKM). Selain dapat hadiah uang yang lumayan banyak kita juga bisa mengharumkan nama jurusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *